WELCOME TO MY PERSONAL BLOGER : "FOY, TABEA, TAOP SONG, MAHIKAI, SWEII, AMULE MENO, NAYAK, WAINAMBEY, ACEM AKWEI, ABRESO..!!

Minggu, Mei 10

"Memastikan Hubungan Antara Janji dan Agenda Jokowi Mengunjungi Papua"

Foto rekan saya @alen Broncos/Facebook
Kunjungan Presiden RI - Jokowi ke Merauke, Manokwari dan Jayapura di minggu awal Mei 2015 ini mendakan kunjungan pertama di tahun 2015 Presiden ke Papua. Kunjungan ini disebut pertama untuk durasi setahun karena Jokowi sendirilah yang berjanji untuk setiap tahun datang ke Papua minimal tiga kali.

Pertanyaanya, yakni apakah kunjungan ini bukan sekedar refresing dari beban kerja atau tekanan yang padat di Jakarta, atau kunjungan Presiden ini adalah komitment serius Presiden untuk menciptakan Papua dari apa yang dijanjikan. 

Ada sedikitnya lima (5) Janji Jokowi untuk Papua dalam capacity beliau sebagai Presiden RI, Sejahterakan tentara dan guru di perbatasan, Bebaskan pengangguran, mengentaskan konflik  masyarakat ,pembangunan Tol laut di Papua dan renegosiasi perusahan asing. 

dari kelima janji Jokowi diatas, yang bersentuhan langsung dengan kebutuan masyarakat bawah di Papua yakni janji mengentaskan konflik dan pengangguran. kalau sementara kunjungan Jokowi ke Papua untuk persmian proyek Telekomunikasi (cable system) Sulawesi, Maluku dan Papua, meninjau ladang pertanian, meninjau pasar, peresmian kampus IPDN - Bupaer Waena, peletakan batu pertama pembangunan fasilitas PON 2020 dan Panen Raya padi di Bapeko merauke, tentu kunjungan ini tidak punya relevansi dengan Janji JOkowi untuk Papua. http://www.kabarpapua.net/2015/05/ini-agenda-jokowi-di-papua-dan-papua.html 

Kunjungan ini seperti akan mubazir, karena tidak ada keterkaitan dengan janji  yang bersentuhan langsung dengan kepentingan orang asli Papua, semisal mengentaskan konflik dan pengangguran di Papua. terutama untuk mengentaskan konflik, Jokowi memenangkan Pemilu (Pilpres) di Papua tahun lalu karena harapan penyelesaian konflik, ini konflik politik, bukan konflik makan minum, atau konflik sarana dan prasarana transportasi dan perekonomian. **(black_fox)