WELCOME TO MY PERSONAL BLOGER : "FOY, TABEA, TAOP SONG, MAHIKAI, SWEII, AMULE MENO, NAYAK, WAINAMBEY, ACEM AKWEI, ABRESO..!!

Rabu, April 23

MRP Papua Barat Ancam Demo KPU Papua Barat

Ketua MRP Papua Barat Vitalis Yumte, doc Foto Pribadi
Usai Pileg (Pemilu Legislative), Rabu, 9 April 2014, ada caleg yang rupanya tidak terima dengan proses rekapitulasi suara yang sementara ini berlangsung di KPUD Kabupaten. Akhirnya caleg-caleg ini yang membonceng isu caleg asli papua ini mendatangi Majelis Rakyat Papua Barat untuk menuntut pengakomidiran kepentingan mereka untuk didudukan di kursi legislative Kabupaten, Propinsi maupun pusat oleh KPUD.

Niatan para caleg ini kemudian mendapati respoin dari MRP Papua Barat yang berniat turun jalan dengan pakian adat menggelar demonstrasi. isu ini sebelumnya diwakili oleh Wakil Ketua MRPB, Anike Th. Sabami telah menyampaikan rekomendasi caleg Perempuan Asli Papua untuk dipertimbangkan dalam keputusan KPU agar dapat diangkat untuk duduk di kursi legislatif.

MRP Papua Barat dalam perkembangan terakhir sangat menaruh concern terhadap hajatan Pemilu, MRPB memgang prinsip orang asli Papua baik pria atau wanita harus diutamakan untuk duduk di kursi legislative. tetapi MRPB tidak mengedepankan saluran yang tersedia di lembaga mereka, terutama mendorong Partai Lokal atau jatah kursi Otsus di Parlement yang sebenarnya dapat menampung cita-cita caleg asli Papua.