WELCOME TO MY PERSONAL BLOGER : "FOY, TABEA, TAOP SONG, MAHIKAI, SWEII, AMULE MENO, NAYAK, WAINAMBEY, ACEM AKWEI, ABRESO..!!

Senin, Oktober 1

"Kodam Kasuari Resmi Miliki Yonif 764 Di Kaimana"


Mobilisasi prajurit TNI AD ke Kabupaten Kaimana  akan segera berlangsung usai di bentuknya Batalyon Infanteri 764/Lamba Baua berlokasi di Kampung Coa Kilometer 16 Distrik Kaimana, Kabupaten Kaimana Propinsi Papua Barat. Pada akhir September (27/09/2018) Pangdam XVIII/Kasuari telah mengunjungi Kaimana bertemu dengan tokoh masyarakat Mairasi dan kemudian meresmikan Yonif 764. 

Yonif ini dipastikan menjadi satuan tempur langsung dibawa panglima militer Kasuari yang bermarkas di perbukitan Arfai Kabupaten Manokwari. Pangdam Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau dirilis media lokal Manokwari menyebut "seribu prajurit TNI akan ditempatkan di Yonif 764, dan melengkapi Yonif akan dibangun 5 Kipan (Kompi Senapan), 1 Kiban (kompi bantuan) dan Kima (kompi markas)".

Pangdam juga menegaskan tugas Yonif Kaimana adalah "Mencari, mendekati, menghancurkan, menawan musuh, serta merebut, menguasai dan mempertahankan medan, baik berdiri sendiri maupun dalam hubungan yang lebih besar dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam XVIII/Kasuari". 

Kaimana adalah  administrasi Pemerintahan Kabupaten memiliki luas wilayah sekitar 36.000 Km2, terletak di selatan Propinsi Papua Barat. Kaimana berhadapan langsung dengan laut arafura (Propinsi Maluku) dan bagian timur Kaimana berbatasan dengan Kabupaten Nabire (Propinsi Papua). Populasi penduduk Kaimana sekitar 61.370 jiwa (Sumber Kaimana dalam angka). 

Satuan TNI AD di Kaimana sebelum adanya Yonif saat ini, hanyalah sebuah Kodim (Komando Distrik Militer) 1713 dan  Koramil serta Pos Ramil di bawahnya.***Black_Fox