WELCOME TO MY PERSONAL BLOGER : "FOY, TABEA, TAOP SONG, MAHIKAI, SWEII, AMULE MENO, NAYAK, WAINAMBEY, ACEM AKWEI, ABRESO..!!

Minggu, November 10

Deteksi Perkembangan RUU Otsus Plus untuk Papua

Suasana Pembobotan RUU Otsus Plus versi Manokwari,
[Doc Foto : Pribadi]
Manokwari : Catatan ini adalah hasil review singkat fenomena RUU Otsus Plus yang berkembang cukup pesat di Manokwari, Ibu Kota Propinsi Papua Barat. RUU Otsus Plus di Manokwari bermula dari keadaan mendadak yang terjadi dilingkungan Pemprov Papua Barat untuk segera membahas atau diistilahkan sebagai pembobotan draft RUU Otsus Plus ini.

RUU Otsus Plus tentang Pemerintahan di Tanah Papua
[Doc Foto : Pribadi]
Menurut sumber informasi media, RUU Otsus Plus adalah agenda dua pihak antara Pak Lukas Enembe, Gubernur Papua dan Pak SBY, pasca pertemuan 29 April 2013. Di Jakarta, berangkat dari hasil meeting empat mata inilah Otsus Plus direncanakan untuk mengubah Otsus versi manatan presiden RI. Megawati Soekarno Putri (UU No. 21 Tahun 2001). Inilah yang kemudian memaksa Manokwari untuk segera membahas atau juga menyeteuji RUU Otsus Plus tanpa mengikuti iarama pasal 76 dan 77 UU No. 21 Tahun 2001 itu sendiri.


Di Manokwari, kurang lebih selama tiga hari dari hari, Jumat, 8 – Minggu, 10 November 2013. Tiga team ditugasi dan langsung dipimpin oleh Sekda Propinsi Papua Barat Ishak L. Halatu untuk menggagas pembobotan RUU Otsus Plus, team pertama ditugasi memboboti “aspek perlindungan”, team kedua memboboti penghormatan dan team ke-tiga memboboti pemberpihakan yang nantinya diakomodir dalam RUU Otsus Plus versi Manokwari.

[Bersambung]


Resource : Catatan Pribadi