WELCOME TO MY PERSONAL BLOGER : "FOY, TABEA, TAOP SONG, MAHIKAI, SWEII, AMULE MENO, NAYAK, WAINAMBEY, ACEM AKWEI, ABRESO..!!

Senin, September 1

Daftar Bupati Di Papua Dalam Bidikan Kasus Korupsi

Heboh, Kepala Daerah di Papua


Diduga kejaksaan Tinggi Papua (Kejati) dan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) saat ini tengah membidik beberapa Bupati yang masuk dalam target, versi Papua Corruption Watch (PCW), ada lima (5) Kepala Daerah yang sedang dalam target bidikan KPK, tiga kepala daerah berasal dari daerah pegunungan sementara dua kepala daerah lainnya dari pesisir Papua dan Papua Barat.

Sementara versi Kejati Papua, http://indonesiatimur.co/2014/08/14/di-papua-4-bupati-jadi-target-penahanan/ hanya ada 4 Bupati yang jadi target, di antaranya : 

1). Bupati BIAK (Papua) Yesaya Sombuk
Sombuk diduga terlibat dalam kasus dana rehabilitasi 25 ruang kelas di Kabupaten Supiori (Papua) dengan nilai harga proyek Rp. 10,2 Miliyar.

2). Bupati WAROPEN (Papua) Yesaya Buinai
Buinai terlibat dalam kasus Korupsi dana hibah Pilkada Kabupaten Waropen Senilai 3 Miliyar rupiah. Menurut Kejati Papua, anggaran 3 Miliyar mengalir untuk membayar (balas) jasa tim sukses Buinai pada tahun 2010 lalu.

3). Bupati MIMIKA (Papua) AUSILIUS YOU
Di Mimika, Bupati You terlibat dalam kasus yang mirip dengan Bupati Sombuk dari Biak, You di Mimika terlibat pada kasus rehabilitasi gedung SMP 3 Mimika, negara di rugikan oleh You sekitar 410 Juta rupiah.

4). Bupati MAYBRAT (Papua Barat), BERNARD SAGRIM
 Di Maybrat, dana Hibah dari Propinsi Papua Barat dan Kabupaten Sorong setara 15 Miliyar rupiah, sekitar 3 Miliyar tidak dapat dipertanggungjawabkan dalam pelaporan. Bupati Sagrim saat ini diseret dan diperiksa sebagai Terdakwa Korupsi termasuk Pencucian uang (money loundring) di Pengadilan Tipikor Papua barat.

Bupati Maybrat, Usai menjalani Sidang Tipikor di Pengadilan Tipikor Papua Barat menjumpai pengunjung dan bersalaman. (doc foto Pribadi)
 
5). Bupati kelima versi PCW.
ada dua Bupati dari pantai dan tiga Bupati dari Pegunungan, jika Bupati Maybrat termasuk bukan dari pantai maka, selain Bupati Maybrat dan Mimika ada satu Bupati lagi kemungkinan dari Propinsi Papua (pegunungan) menjadi target.(****black_fox) 

Sumber: Tulisan ini diolah dari berbagai sumber media internet