WELCOME TO MY PERSONAL BLOGER : "FOY, TABEA, TAOP SONG, MAHIKAI, SWEII, AMULE MENO, NAYAK, WAINAMBEY, ACEM AKWEI, ABRESO..!!

Rabu, Januari 8

Makna Di Balik Lagu "No Woman, No Cry " Bob Marley

Bob Marley, pria Jamaica yang lahir pada 06 Februari 1945 di desa kecil Nine Miles, Jamica, Ia memiliki nama asli NESTA ROBERTH MARLEY. Bob Marley pada usia 14 tahun sudah terjun ke dalam dunia music, Reggae music adalah irama yang semula dibangun.Ia dan Bunny Wailer saat itu tumbuh menjadi pemuda Jamaica yang menjadi pencetus kelompok Band The Wailers sekitar tahun 1962.   Band ini hidup hingga tahun 1973 dan kemudian bubar.

Setelah The Wailers bubar, Bob Marley tidak bubar. Ia melanjutkan karir musicnya salah satunya adalah karya Bob Marley untuk menciptakan lagu "NO WOMAN NO CRY" yang berasal dari album Natty Dread/ Tuff & Gong 1974.

Ternyata ada fakta yang menunjukan salah kaprah dari kebanyakan orang yang terhadap lagu "NO WOMAN, NO CRY"  lagu ini diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai "TIDAK ADA WANITA, TIDAK ADA (USAH) MENANGIS" Padahal, telah dilupakan bahwa Bob Marley itu bukan pria Amerika atau Eropa terutama United Kingdom/UK.

Bob Marley..! he is from Jamaica, dalam sialek Jamaica, kata NO dalam lagu NO WOMAN, NO CRY itu sama artinya dengan kata NO SMOKING  dalam dialeg inggris, Jangan merokok. dan di Jamica lagu ini dibaca NO WOMAN..!, NO CRY..!, dari keterangan ini, jika di definisikan ke dalam dialeg inggris, maka akan menjadi DONT WOMAN.! DONT CRY.! yang artinya, JANGAN GADIS...! JANGAN MENANGIS..!

Pertanyaanya kepada siapa lagu ini dibuat ? lagu NO WOMAN, NO CRY didedikasikan Bob Marley kepada wanita kulit hitam saat itu yang sangat memprihatinkan kondisi mereka, kebanyakan wanita kulit hitam mengalami praktik diskriminasi dan pelecehan - pelecehan yang sangat tidak manusiawi (humanis). Bob Marley adalah anak seorang wanita kulit hitam bernama CEDELLA BOOKER, ia termasuk wanita budak di Jamaica pada masa itu. Ayah Bob Marley adalah pria kulit [putih NORVAL SINCLAIR MARLEY. akibat perbedaan warna, CEDELLA BOOKER. ibu Bob Marley kerap kali mendapati perlakukan kekerasan dari ayah Bob Marley. Ia menjadi wanita yang mengalai korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). ketika ia hamil seorang anak yang akan menjadi bintang Top Reggae Dunia, ia ditinggal pergi suaminya. untuk mengenang kisah ini, NESTA ROBERT MARLEY menciptakan lagu NO WOMAN, NO CRY..!!